/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Sabtu, 09 Juni 2012

Kandang yang transparan

2.  APA KELEBIHAN BILA ANDA MENGGUNAKAN KANDANG YANG TRANSPARAN.
   
    Kandang transparan yang saya maksud adalah kandang yang tidak semua tertutup hanya pada bagian sisi dalam / permukaan belakang terbuat dari unsur kayu sedangkan sisi bagian depan menggunakan ram sehingga tokek tetap terlihat secara keseluruhan.
   Berdasarkan pengalaman pada tahap awal tokek mengalami stress, berlari kesana kemari, menabrakan bagian mulutnya untuk melepaskan ke sisi ram, usahakan membuat kandang serajin mungkin jangan ada tonjolan paku atau permukaan yang runcing karena akan melukai tokek.
  Bagaimanakah anda menyikapi pada tahap ini ? 
anda cukup membiarkan tokek untuk bisa beradaptasi dengan kandang barunya sampai tokek itu mau makan, berarti tokek tersebut sudah tidak mengalami sterss.
Seberapa lamakah ? tergantung , ada yang sehari, dua hari atau berminggu - minggu bahkan bisa sampai mati tokeknya ...hmm susah juga yaah tapi anda jangan putus asa..itu jarang terjadi kok kalau anda serius, berikut langkah - langkah awal berdasarkan pengalaman  :
~ Masukkan pakan ( serangga yang lebih mudah jangkrik ) ditempat dimana jangkrik tidak bisa lolos atau kabur dari tempat tersebut tapi tidak menyulitkan ketika tokek akan menyantapnya.
~ Tutupi kandang dengan kain hitam agar tokek merasa nyaman.
~ Taruh kandang pada posisi yang tinggi minimal kita bisa melihat pada saat berdiri untuk bandingannya 1, 5 meter dari permukaan tanah.
~ Lindungi kandang dari serangan semut bisa diolesi oli atau sejenis minyak rem pada bagian yang menempel ke bagian dinding atau bagian dari jangkaun semut.
~ Kontrol tempat pakan setiap hari apakah jangkrik itu sudah berkurang jika sudah berkurang atau habis berarti sudah tidak stress lagi tapi cermati berkurang atau habisnya jangkrik bukan karena kabur atau mati. 
~ Bila sudah tidak stress kain penutup boleh dibuka selanjutnya aturlah takaran makannya sesuai kebutuhan jika sehari tokek anda menghabiskan 5 jangkrik maka anda kasih 5 saja biar teratur
~ Rutin dan teratur memberi makan secara berkelanjutan lama kelamaan tokek akan tahu kapan anda akan memberi dan tokek akan menanti sang majikan pada saat lapar.
    Selanjutnya amati perkembangan tubuhnya karena ini kandang transparan anda bisa melihat setiap anda memberi makan dan tokek sudah terbiasa melihat anda jadi tokek tidak mudah stress. 
Dan perlu anda ketahui pada saat tokek berganti kulit biasanya tokek malas makan,
Selamat mencoba...Semoga berhasil ..,penulis hanya berbagi pengalaman saja dan berharap bisa bermanfaat buat anda Terima - kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar